Sosialisasi Akreditasi di MTs Al Jamil Tahun 2013

Sosialisasi Akreditasi Tahun 2013

Di MTs Al-Jamil Bare Eleh

Oleh UPA  S/M Kabupaten Lombok Tengah

Doc. AL-Jamil

Akreditasi sekolah/madrasah adalah kegiatan penilaian sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah/madrasah. Demikian dikatakan oleh Bapak Drs. H. Mingre Hamy selaku Unit Pelaksana Akareditasi (UPA) Kabupaten Lombok Tengah dalam acara sosialisasi Akreditasi Sekolah/Madrasah di MTs Al-Jamil Bare Eleh Desa Aik Bual Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Senin, 07/01/2013. Lebih rinci beliau menjelaskan mengenai akreditasi sebagai berikut:

Akreditasi sekolah bertujuan untuk  menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan  memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah sedangkan Fungsi akreditasi sekolah adalah : (a) untuk pengetahuan, yakni dalam rangka mengetahui bagaimana kelayakan & kinerja sekolah dilihat dari berbagai unsur yang terkait, mengacu kepada baku kualitas yang dikembangkan berdasarkIMAG0037an indikator-indikator amalan baik sekolah, (b) untuk akuntabilitas, yakni agar sekolah dapat mempertanggungjawabkan apakah layanan yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat, dan (c) untuk kepentingan pengembangan, yakni agar sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan dari hasil akreditasi.

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa akreditasi sekolah/madrasah adalah suatau keharusan karena pada tahun 2014 nanti semua sekolah/madrasah harus diakreditasi, dan bagi sekolah/madrasah yang tidak mau melaksanakan akreditasi atau tidak bias lulus akreditasi maka ijin operasional sekolah/madrasah tersebut akan dicabut. Sekolah/madrasah yang tidak lulus akreditasi akan diberikan kesempatan tiga kali untuk mengikuti akreditasi berikutnya namun apabila selama tiga kali tersebut tidak lulus maka izin operasional sekolah/madrasah tersebut terpaksa akan dicabut. Namun walau dimikian Madrasah/sekolah tidak perlu takut untuk melaksanakan akreditasi karena semua penilaian akreditasi dilakukan oleh sekolah/madrasah itu sendiri dan yang dinilai tersebut adalah tugas guru atau sekolah yang dilakukan sehari-hari.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Drs. Mingre mengatakan merasa bangga kepada MTs Al-Jamil karena walaupun lokasi Madrasahnya terpencil dan kondisi fisik madrasahnya masih sangat kurang tetapi berani mengajukan diri untuk dibina akreditasi. Karena banyak sekolah/madrasah yang dianggap baik dan kondisi fisiknya sangat bagus tetapi takut melaksanakan akreditasi.

Kepala Sekolah MTs Al-Jamil Bapak Ramli, S.Pd.I menyatakan alasannya kenapa MTs Al-Jamil belum akreditasi sampai sekarang beliau menjelaskan karena keadaan gedung madrasahnya yang belum memadai seperti sekolah/madrasah yang lain.  “Sekarang kami beserta semua guru dan staf  akan berusaha dengan segala usaha untuk dapat melaksanakan akreditasi  walaupun dengan keadaan serba kekurangan karena kalau tidak sekarang kapan lagi kita akan akreditasi” tegasnya.

Posted on January 8, 2013, in Berbagi Ilmu, Info and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: