Short-Cut Keyboard pada Photoshop

Photoshop adalah program pengolah gambar yang paling populer di seluruh dunia,tersedia pada 2 sistem operasi yang paling banyak digunakan pula yaitu windows dan mac. Bagi mereka yang mengaku seorang desain grafis atau fotografer pasti punya program ini, tetapi tahukah temen-temen bahwa selain memiliki keunggulan dalam mengolah foto, di photoshop disediakan berbagai macam shortcut yang dapat memudahkan kita dalam mengerjakan pekerjaan. Sebagai contoh ketika temen-temen mau memotong gambar maka tahap yang harus temen-temen lakukan adalah memilih tool “rectangular marquee tool”, kemudian menyeleksinya dan memilih menu “image > crop”, jika temen-temen memakai shortcut keyboard, untuk memilih “rectangular marquee tool” cukup menekan keyboard “M”, kemudian pilih area yang mau di crop, selanjutnya tekan secara bertahap pada keyboard “alt + I + p”, maka crop Anda sudah jadi. Contoh nyata lainnya adalah ketika temen-temen harus menggunakan berbagai macam tool, jika tanpa shortcut bisa jadi temen-temen akan direpotkan karena tidak focus pada objek yang temen-temen kerjakan, namun dengan adanya bantuan shortcut mudah-mudahan dapat meringankan pekerjaan kita. Secara Default Photoshop memberikan shortcut untuk memudahkan kita dalam mengolah data seperti dibawah ini:

ukuran besar klik disini

Jika temen-temen merasa kurang nyaman dengan ShortCut asli Photoshop,temen-temen bisa meng-editnya kok,membuat ShortCut sendiri agar kita merasa nyaman dalam mengolah gambar dengan cara pilih menu Edit > Keyboard Shortcuts… atau Alt+Shift+Ctrl+K.

Saya hanya manusia biasa yang mempunyai batas dalam berfikir,tulisan ini saya adopsi dari Ilmukomputer.com . Semoga bermanfaat bagi temen-temen yang ingin mendalami ilmu Photoshop.

Satu hal yang saya dapat ketika saya belajar Photoshop yaitu Photoshop tidak akan pernah habis walaupun kita merasa sudah sangat menguasainya.

Semoga tulisan saya yang singkat ini dapat bermanfaat bagi temen-temen,dan saya minta maaf jika terjadi kesalahan karena saya juga baru belajar. Manusia itu tidak luput dari kesalahan dan saya disini Hanya Ingin Berbagi. ;-)

Adapted : http://irfanhandi.wordpress.com

Posted on March 24, 2013, in Tutorial PhotoShop and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: