Tentang PBM Daruttaklim

PKBM Daruttaklim adalah lembaga pendidikan nonformal dan informal yang berada di Dusun Bare Eleh Desa Aik Bual Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah. Desa Aik Bual yang dulunya adalah bagian dari Desa Wajageseng dan telah mekar pada  1 Januari 2012 adalah desa yang sangat terpencil, terletak di bagian paling utara dari Kecamatan Kabupaten Lombok Tengah.  Bagian uatara dari desa ini berbatasan dengan hutan lindung Gunung Renjani, bagian selatan berbatasan dengan desa Wajageseng, bagian timur berbatasan denggan Desa Jenggik Utara Kabupaten Lombok Timur, dan di bagian barat berbatasan dengan Desa Setiling. Kondisi jalan yang belum pernah mendapat pengaspalan membuat setiap jalan di desa ini semakin rusak dan menghambat pertumbuhan ekonomi.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Desa Aik Bual masih sangat rendah ini terbukti dari masih banyak warga masyarakat yang masih mengalami buta aksara. Tercatat sampai saat ini masih ada sekitar 1400 warga masyarakat yang masih mengalami buta aksara setelah itu pendidikan masyarakat adalah pendidikan SD. Rendah tingkat pendidikan masyarakat di desa ini menyebabkan rendahnya ekonomi masyarakat, sebagian besar dari penduduknya adalah pekerja buruh tani dan petani kecil, menjadi TKI atau TKW adalah alternative lain untuk membuat ekonominya semakin baik.

 

Dalam rangka muwujudkan tujuan Pendikan Nasional yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun manusia Indonesia seutuhnya khususnya di Desa Aik Bual, maka program pendidikan luar sekolah dan pendidikan formal memiliki peranan dan tanggung jawab yang sama,untuk itu pendidikan luar sekolah berupaya untuk melakukan kegiatan bimbingan, pengajaran dan pelatihan keterampilan terutama warga masyarakat miskin. PKBM merupakan bentuk pelayanan pendidikan luar sekolah untuk membelajarkan warga masyarakat yang belum terjangkau oleh pendidikan formal atau masyarakat yang putus sekolah formal dan ingin berpindah ke pindidikan non formal. PKBM Daruttaklim juga membimbing masyarakat yang  memiliki pendidikan rendah juga bagi penyandang buta aksara  agar memiliki kemampuan menulis, membaca, menghitung, dan menganalisa yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan potensi yang ada dilingkungan sekitarnya.

 

PKBM Daruttaklim Bare Eleh berangkat dari  kepedulian akan tanggungjawab bahwa masa    depan bangsa ditentukan oleh kwalitas generasi muda saat ini maka kami mencoba merintis untuk membentuk wadah pedidikan non formal yang dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat walaupun dengan segala keterbatasan yang ada sehingga kami membangun sebuah PKBM Daruttaklim Bare Eleh. PKBM Daruttaklim ini berdiri sejak 1 Januari 2010 dan menempati tanah seluas 40 are, yang terletak di Dusun Bare eleh Desa Aik Bual Kec. Kopang Kabupaten LombokTengah.

Dengan segala keterbatasangnya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Daruttaklim mengelola berbagai pendidikan non formal anatara lain:

·         Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)

·         PAUD

·         Pendidikan Keaksaraan

·         Kursus Komputer

·         Kursus Bahasa Inggris

·         Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan C

·         Taman Bacaan Masyarakat (TBM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: